Sabtu, 23 April 2016

Cingur kenyal bikin nagih




Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini



Bila anda berkunjung ke Sidoarjo maka Sedati adalah pusat dari rujak cingur, dimana di daerah ini ada Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini yang namanya sudah sangat terkenal hingga luar kota.
Lokasi Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini ada di Jl Raya Sedati Gede No. 66, Sedati, Juanda. Sebenarnya di sekitar kawasan ini juga ada beberapa penjual rujak cingur yang lain, namun yang perlu anda ketahui adalah bahwa ternyata mereka semua kebanyakan masih memiliki hubungan famili dengan Bu Nur Aini.

Ibu Nur Aini merintis usaha rujak cingurnya pada tanggal 14 Juni 1997 yang menempati emperan sederhana yang pada saat ini telah menjadi ruangan yang cukup besar, memiliki ruang parkir yang cukup luas dan memiliki beberapa pegawai.
Ternyata Bu Nur Aini sering mengikuti berbagai acara kuliner dan upaya ini membuahkan hasil karena beliau berhasil mendapatkan beberapa penghargaan yang bisa dilihat di dinding dalam ruangan seperti penghargaan dari Festival Rujak Cingur (FRC), Festival Jajanan Bango (FJB), Pekan Prodik Budaya Indonesia (PPBI) dan acara yang lain.


Sebenarnya rujak cingur Sedati hampir sama dengan rujak cingur yang lain, yang bahan isian rujak terdiri dari potongan tempe dan tahu goreng, cingur sapi, potongan timun dan sayuran yang disiram dengan bumbu kacang yang kental.
Nah letak keunikan Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini yang membuatnya berbeda dengan rujak cingur yang lain ada pada petis, dimana petis yang digunakan oleh Bu Nur Aini adalah petis hasil kreasi sendiri yang terdiri dari 7 jenis petis.
Kelebihan rujak cingur Sedati Bu Nur Aini adalah tidak adanya penggunaan bahan tambahan pengawet, jadi anda tidak perlu merasa khawatir dengan faktor kesehatan jika mencicipi menu kuliner ini.
Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini rasanya enak, porsi cukup banyak, cingur agak banyak dan ketika dikunyah rasanya gurih dan empuk.
Untuk 1 porsi komplit Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini dijual dengan harga sekitar Rp 25.000, sedangkan 1 porsi istimewa Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini (potongan cingur lebih banyak) dijual dengan harga sekitar Rp 30.000 …… tidak terlalu mahal karena porsi yang memang agak banyak.

Rujak Cingur Bu Nur Aini ada2 pilihan yaitu yang matengan dan yang biasa, yang menggunakan buah-buahan.
 
Selain bisa dimakan langsung di lokasi, Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini juga bisa dibungkus untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.
Masa batas waktu makan Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini adalah 5 jam, namun bisa lebih lama jika dimasukkan ke dalam lemari es.
Selain rujak cingur biasa, Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini juga menyediakan rujak cingur Madura. Jika rujak cingur biasa ini menggunakan 7 macam petis, maka rujak cingur Madura menggunakan petis merah yang rasanya cenderung agak asin.
Ada pula alternatif lain yaitu rujak gobet yang rasanya bercampur antara pedas, manis, asam namun terasa menyegarkan.
Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini juga menyediakan rujak gobet yang dijual dengan harga yang terjangkau, tentunya rugi rasanya jika melewatkan rujak yang satu ini.
Menu kuliner lain yang ditawarkan warung ini diantaranya rujak tolet, rujak manis, pempek Palembang, kikil kambing, krengsengan, lontong mi, tahu telur, tahu campur, nasi rawon dan sebagainya.
Warung Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini buka setiap hari pada pukul 6:30 hingga 21:00 wib.
Lokasi Warung Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini ada di Jl Raya Sedati Gede No. 66, Sedati, Juanda Sidoarjo yang jika ditempuh dari bandara Internasional Juanda hanya akan memakan waktu sekitar 10 menit saja.
Warung Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini kondisinya bersih, pegawai menggunakan seragam dan ada toilet yang cukup bersih.
Jika makan langsung di lokasi maka anda bisa makan Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini sambil menikmati pemandangan pesawat yang terbang landas atau mendarat.



Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini

Menu Andalan: Rujak Cingur Istimewa (Rp. 30.000), Rujak Cingur Biasa (Rp. 25.000), Rujak Gobet
Jam Buka: 06.30 – 21.00 wib
Alamat Lokasi: Jl. Raya Sedati Gede No. 66,
Sedati, Juanda – Sidoarjo
Jawa Timur
Telp. 031-8678458, 081330617790

Tidak ada komentar:

Posting Komentar